Senin, 28 November 2016

November 28, 2016
WARNING!! Mengandung SPOILER terhadap seluruh film X-Men sampai yang terbaru (X-Men:Apocalypse)

Kemarin, saya baru saja menonton film X-Men: Apocalypse. Kok baru nonton sih? Karena pas doi nongkrong di bioskop emang lagi sibuk-sibuknya, dan mau streaming nunggu HD dulu, dan tiba-tiba lupa kalau belum nonton. Yah, intinya akhirnya saya nonton juga. Menarik, karena berbeda dari film-film X-Men sebelumnya, Apocalypse ini berada di timeline yang berbeda alias timeline revisi. Terimakasih kepada Days of Future Past dan time travelnya! Jujur, saya sempat pusing tujuh keliling saat menonton, karena pada dasarnya saya lupa sebagian besar cerita X-Men di film terdahulu. Karena saya bukan orang yang langsung puas begitu saja setelah film berakhir, sayapun memecahkan kegalauan saya dengan mencari-cari penjelasan di internet. Setelah membaca di sana dan di sini, akhirnya ingatan saya terhadap timeline sebelumnya mulai kembali dan bagaimana Apocalypse bisa masuk pada keseluruhan timeline mulai saya pahami. Jadi, karena DoFP, timeline ini dibagi menjadi timeline pendahuluan, timeline original, dan timeline revisi (Udah kayak skripsi aja)

X-Men Apocalypse
Timeline X-Men sampai X-Men: Apocalypse
Sumber buccobergreviews
Timeline pendahuluan

3000 B.C. - X-Men: Apocalypse
Di awal scene X-Men Apocalypse diceritakan flashback ke tahun 3000 B.C. dimana timeline X-Men dimulai dari X-Men pertama yang diketahui, yaiu En Sabah Nur atau dikenal juga sebagai Apocalypse yang membuat Piramida di Mesir. Setelah dikhianati oleh pengikutnya, Apocalypse tertimbun runtuhan piramid, tertidur dan tidak ada yang mengetahui bahwa dirinya masih hidup.

1832 A.D - X-Men Origins: Wolverine 
James Howlett atau yang lebih dikenal sebagai Logan alias Wolverine, lahir.

1845 - X-Men Origins: Wolverine 
Si kecil James Howlett menunjukkan mutasinya, setelah itu pergi dari rumah bersama Victor Creed

1861-1865/ 1917-1918X-Men Origins: Wolverine
James Howlett dan Victor Creed bertarung untuk Amerika dalam American Civil War dan WWI

1944 - X-Men: First Class
Charles Xavier (Prof X) kecil bertemu dengan Raven Darkholme (Mystique) di rumah Xavier.

1945 - The Wolverine
James Howlett menyelamatkan Ichiro Yashida saat pemboman Nagasaki

1962 - X-Men First Class
Pembentukan X-Men pertama kali, lalu sesuai kejadian selanjutnya di film First Class yang akhirnya Charles Xavier kena tembak di spinal dan jadi lumpuh. Sedangkan Erik membentuk Brotherhood of Mutan.

1965 - X-Men First Class
Charles Xavier membentuk Xavier School for Gifted Youngster

1971 - X-Men Origins: Wolverine
Logan dan Victor Creed bertemu Stryker dan join tim X

1973 - X-Men Origins: Wolverine
Logan keluar dari tim X

Timeline original

1973 - X-Men: Days of Future Past
Mystique membunuh Bolivar Trask. Merasa terancam dengan mutan yang membunuh manusia, akhirnya projek Sentinel pun diresmikan. Mystique ditangkap dan DNA nya digunakan untuk membuat Sentinel yang dapat meniru kekuatan mutan.

1979 - X-Men Origins: Wolverine
Victor memburu anggota tim X. Kemudian sesuai kejadian di X-Men Origins: Wolverine, Logan diinjeksi adamantium, munculnya Deadpool versi weapon XI, hingga Logan hilang ingatan. Kemudian Charles Xavier yang sudah botak datang menyelamatkan anak-anak yang disandera di The Island.

1986 - X-Men The Last Stand
Charles Xavier dan Erik Lensherr bertemu Jean Grey pertama kali

2003 - X-Men dan X-2
Sesuai dengan kejadian di X-Men dan X-2, karena adanya rencana registrasi Untuk mutan, Erik alias Magneto memimpin Brotherhood of Mutans untuk melawan manusia. Selain itu, Nightcrawler berusaha untuk membunuh presiden. Disinilah kita juga mengetahui hubungan segitiga antara Cyclops dan Jean serta Logan. Para X-Men berusaha menghentikan usaha mutan-mutan jahat yang berakhir dengan kematian Jean Grey.

2006 - X-Men: The Last Stand
Seperti dalam film The Last Stand, Jean Grey hidup kembali dan tanpa dia sadari membunuh kekasihnya sendiri, Cyclops. Ternyata, Jean saat ini memiliki dua kepribadian baik dan jahat (Phoenix). Di saat yang sama obat untuk menormalkan mutan diciptakan, yang membuat Magneto marah. Di akhir cerita, Logan membunuh Jean untuk menghentikannya.

2013 - The Wolverine
Logan yang frustasi setelah membunuh Jean, kemudian bertemu dengan Yukio di bar. Yukio mengatakan bahwa Yashida, yang ditolong oleh Logan saat di Nagasaki akan meninggal dan ingin bertemu Logan untuk mengucapkan selamat tinggal. Tapi ternyata, Yashida ingin mengambil kekuatan Logan. Akhirnya, Yashida pun mati, namun cakar adamantium Logan terpotong dan tergantikan oleh cakar tulang aslinya. Di sepanjang film, Logan dihantui oleh Jean dalam pikirannya.

2015 - The Wolverine
Profesor X dan Magneto bertemu Wolverine di airport untuk meminta bantuan.

2023 - Days of Future Past
Para Sentinel menyerang dan membunuh para X-Men. Kitty Pryde mengirim Bishop ke beberapa hari sebelumnya untuk memperingatkan tim bahwa Sentinel akan menyerang. Time travelnya tersebut berhasil da para X-Men selamat. Profesor X memiliki rencana untuk kembali 50 tahun yang lalu, karena dia yakin proyek Sentinel muncul karena Mystique membunuh Trask. Profesor X mengatakan apabila dia mampu menghentikan Mystique maka sejarah akan berubah, Sentinel tidak akan pernah ada dan mereka semua dapat selamat. Namun, Kitty mengatakan bahwa dia tidak yakin mampu membawa kesadaran seseorang kembali ke 50 tahun yang lalu, selain itu otak dapat rusak karenanya. Logan pun menawarkan diri untuk kembali ke masa lalu karena dia dapat sembuh dengan cepat. Kitty Pryde pun mengirim Logan kembali ke 50 tahun yang lalu. Semetara itu, para X-Men bertarung melawan Sentinel. Sebagian besar X-Men mati. Para Sentinel pun hampir membunuh Profesor X, Magneto, Wolverine.

Timeline revisi

1973 - Days of Future Pasts
Logan, masuk ke dalam tubuhnya 50 tahun yang lalu, mencari Charles Xavier muda. Xavier tinggal di rumahnya berdua saja dengan Hank McCoy (Beasts) karena sekolah ditutup setelah perang Vietnam. Setelah perdebatan panjang, akhirnya Xavier memutuskan untuk percaya bahwa Logan dikirim oleh dirinya sendiri di masa depan untuk menghentikan Mystique atau yang dikenal oleh Xavier sebagai Raven. Logan juga mengatakan bahwa mereka membutuhkan bantuan Magneto. Saat itu Magneto tengah ditahan karena membunuh JFK. Dengan bantuan dari Quicksilver, mereka pun membebaskan Magneto. Xavier berusaha menghentikan Raven untuk membunuh Trask, namun Magneto berfikir apabila Raven masih hidup maka masa depan yang gelap tersebut masih bisa terjadi karena DNA Mystique dapat diambil kapanpun. Magneto pun berusaha membunuh Mystique. Beast dan Logan berusaha menghentikan Magneto. Mereka bertarung di tempat terbuka da membuat orang-orang panik, projek Sentinel pun diresmikan.
Saat peresmian, Magneto membuat kegaduhan dengan mengendalikan Sentinel dan mengangkat stadion. Kemudian di hadapan seluruh kamera Magneto akan membunuh Presiden dan pejabat lainnya. Logan terlempar ke dalam sungai setelah bertarung dengan magneto. Mystique yang menyamar sebagai presiden menghentikan Magneto. Xavier berusaha meyakinkan Mystique untuk tidak membunuh Trask. Akhirnya, projek Sentinel pun dibatalkan. Mystique dan Magneto pun memilih pergi sendiri-sendiri. Sementara itu Mystique menyamar sebagai Stryker dan mengangkat Logan dari bawah sungai.

1983 X-Men: Apocalypse
Sesuai film Apocalypse, para X-Men berusaha menghentikan Apocalypse yang bangkit kembali dan menghancurkan dunia. Storm bertemu dengan Apocalypse di Mesir dan menjadi pengikutnya. Jean Grey, Scott summers(Cyclops), Nightcrawler usia remaja menjadi murid di sekolah Xavier. Erik Lensherr akhirnya berusaha menjalani kehidupan manusia biasa, memiliki istri dan anak dan bekerja di pabrik. Namun saat menyelamatkan temannya di pabrik, dia malah dilaporkan. Polisi pun mencarinya yang berakhir dengan kematian istri dan anaknya. Erik yang marah pun akhirnya bergabung dengan Apocalypse. Saat mengetahui Erik muncul kembali, Quicksilver pun pergi ke sekolah Xavier, tepat saat sekolah meledak dan dia menyelamatkan semua orang. Kemudian Stryker muncul dan menangkap Beast, Mystique, Quicksilver. Scott, Jean dan Nightcrawler berusaha menyelamatkan mereka. Di tempat mereka ditahan, mereka bertemu dengan Wolverine yang dijadikan senjata. Jean berusaha membantunya dan mengembalikan sedikit ingatannya.
Di akhir cerita Erik dan Storm membantu X-Men menghentikan Apocalypse. Jean Grey membunuh Apocalypse.

2023 -X-Men Days of Future Past
Logan terbangun setelah time travelnya ke 50 tahun yang lalu. Dia berada di Xavier School dan seluruh X-Men masih hidup dan menjadi guru disana. Dia pun terkejut saat melihat Jean Grey dan Cyclops masih hidup. Dia pun mengatakan pada Profesor X bahwa dirinya telah melakukan time travelnya dan tidak ingat kejadian 50 tahun yang lalu versi timeline revisi.


Sebenarnya memang masih banyak yang sulit dipahami, namun karena kronologinya juga ga lengkap jadi pasti ada kejadian-kejadian yang tidak muncul di film yang tidak kita ketahui tentunya. Atau, simpelnya ya namanya juga film, kalau gak masuk akal mah gak masalah.


0 komentar:

Posting Komentar